Bismillah…

Taraaa..ngeblog lagi alhamdulillah, setelah 4 hari tepar drop nikmat sekali ujian dari Allah. Alhamdulillah bisa melanjutkan aktivitas kembali dengan semangat “MIT untuk Cinta dalam purnama yang sama” cieee bukan terinspirasi dari rangga dan cinta yang sedang ditunggu2 film kelanjutan nya. Ini dunia nyata ku untuk mimpi, cita2 , cinta dan keluarga ehem..heu Disini saya akan menuliskan hasil dua kali seminar juga pameran perguruan tinggi inggris dan langkah2nya. Kebetulan kemarin pagi2 ada yg nge add bbm saya dan nge chat saya utk sharing, adik kecil cantik itu nama nya ade yg sekarang lagi di ohio, US pertukaran pelajar selama sebulan. Semangatnya adik satu ini perlu di contoh, dia ingin sekali lanjut S1 ke UK. Saking semangatnya kepo in saya juga luar biasa hehe

Baiklah sedikit rangkuman yang saya dapat dalam dua acara yg berbeda tapi inti nya sama : Studi ke UK. Sebenarnya kalau yg ikut acara kemarin datang bisa dapat buku panduang yg ditulis kakak2 PPI UK, bukunya kece keren cocok banget yang mau studi lanjut ke UK.

Langkah awal adalah cari informasi, dan harus pandai2 dalam memilih informasi nya. Atau gabung saja sama grup WA atau line nya PB, kakak2 nya welcome semua dalam berbagi ilmu.

ina

itu cover buku panduan nya, saya punya kalau mau atau butuh bisa di ambil di sayaūüôā

Untuk lebih gamblang nya bisa dilihat di sini, dari proses aplikasi sampai selesai ada semua lengkap pisan. http://atdikbudlondon.com/

ini

Daftar beasiswa di :

  1. Beasiswa Chevening
  2. Beasiswa Jardine Foundation
  3. Beasiswa Gates Cambridge
  4. Beasiswa DIKTI (DGHE Scholarship)
  5. Beasiswa Unggulan (High Achiever Scholarship)
  6. Beasiswa SPIRIT
  7. Beasiswa Islamic Development Bank (IDB)
  8. Beasiswa Aceh
  9. Beasiswa Kementerian Kominfo
  10. Beasiswa LPDP
  11. Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (Sandwich-like)
  12. Penawaran Program Scheme for Academic Mobility and Exchange
  13. Bantuan Keberangkatan ke/dari Dalam dan Luar Negeri Kemdikbud
  14. Schlumberger Foundation Faculty for the Future

1.   Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening atau The British Chevening Awards adalah beasiswa yang disponsori oleh Pemerintah Inggris melalui Kantor Kementerian Luar Negeri (Foreign and Commonwealth Office ‚Äď FCO). Program beasiswa ini menawarkan pendidikan jenjang S-2 (Master) selama satu tahun di universitas atau institusi pendidikan yang berada di Inggris Raya.

Beasiswa Chevening menanggung:

    1. Biaya hidup
    2. Biaya kuliah
    3. Tiket pulang pergi

Persyaratannya:

    1. Warga Negara Indonesia
    2. Lulusan dengan IPK minimum >=3.0
    3. Kemampuan berbicara dan menulis bahasa Inggris IELTS 6.5
    4. Pengalaman bekerja setelah lulus sarjana (S1) minimal 2 tahun
    5. Komitmen untuk pengembangan karir jangka panjang
    6. Harus dapat menunjukkan potensi kepemimpinan dan memiliki kapasitas untuk memainkan peran penting dalam kemajuan masa depan Indonesia
    7. Tidak dapat menerima aplikasi untuk lulusan MBA
    8. Penerima Chevening sebelumnya tidak diperkenankan mendaftar
    9. Karyawan, kerabat karyawan (atau mantan karyawan yang sudah tidak lagi bekerja selama dua tahun terakhir) dari Kantor Kementerian Luar Negeri (FCO), termasuk staf Kedutaan, dan pos-pos FCO, British Council, atau sponsor Chevening lainnya, tidak diperkenankan untuk ikut mendaftar

Links:
a. http://ukinindonesia.fco.gov.uk/en/bahasa-indonesia/kerjasama-dengan-indonesia/beasiswa-chevening/
b. http://www.fco.gov.uk/en/about-us/what-we-do/scholarships/
c. https://www.chevening.fco.gov.uk/CheveningApplications/CA_Start.aspx

2.   Beasiswa Jardine Foundation

Beasiswa Jardine Foundation adalah beasiswa untuk Cambridge University atau Oxford University khususnya untuk pelajar dibawah usia 25 tahun yang bertempat tinggal di Hongkong, Cina, India, Indonesia, Singapura, Taiwan, Thailand, Malaysia, Korea, Jepang serta Vietnam. Sejak tahun 1982, beasiswa ini telah membiayai lebih dari 100 orang penerima beasiswa termasuk dari Indonesia. Untuk informasi selanjutnya:

    1. http://www.jardine-foundation.org
    2. http://www.jardines.com/assets/files/Community/Foundation/prospectus.pdf

Jardine Scholarship Award 2013:
http://www.suryainstitute.org/en/content/view/113/1/

3.   Beasiswa Gates Cambridge (Deadline 2 December 2014)

About Gates Cambridge

The Gates Cambridge Scholarships are one of the most prestigious international scholarships in the world.

The programme was established in 2000 by a donation of US$210m from the Bill and Melinda Gates Foundation to the University of Cambridge; this is the largest ever single donation to a UK university.

While at Cambridge, Scholars pursue full range of subjects available at the University and are spread through its departments and Colleges.

Our Alumni are pursuing further study or employment across many sectors of society. Despite the relative youth of the programme, Gates Cambridge Alumni are increasingly taking on leadership roles and applying their knowledge and skills to improve the lives of others.

How to Apply

Standard applications (via the Graduate Admissions Office)

Applicants apply for both a Gates Cambridge Scholarship and admission to their chosen postgraduate course at the University of Cambridge via the Graduate Admissions Office, using the GRADSAF form and supporting documents. It is not possible to apply for a Gates Cambridge Scholarship without applying to the University of Cambridge in the first instance.

You must apply for admission as a postgraduate student to the University of Cambridge and a Gates Cambridge Scholarship at the same time, using the one application pack.

[If you are applying for admission to the MBA or Master of Finance programme you apply for a Gates Cambridge Scholarship via theJudge Business School (see below)]

To be considered for postgraduate admission and a Gates Cambridge Scholarship all applicants must submit the following documents to the Graduate Admissions Office by the relevant deadline:

    1. GRADSAF application form (which includes a Gates Cambridge section)
    2. Academic transcripts
    3. 2 academic references
    4. 1 personal reference (for the Gates Cambridge Scholarship)

Although not specifically required for the Gates Cambridge application, the Graduate Admissions Office or academic department may require some applicants to submit the following for admission to the University:

    1. English language test scores (if English is not your first language)
    2. A research proposal, an example of your written work, a GRE/GMAT score, etc. Not all applicants will be required to submit such documents ‚Äď you will find details of what you need to submit in the Graduate Studies Prospectus and department website.

It is the applicant’s responsibility to ensure they submit all documents required so they can be considered for both admission and a Gates Cambridge Scholarship.

Applications for the MBA and Master of Finance

For the MBA and MFin programmes you need to apply direct to the Judge Business School, using their on-line application system. You will find all the information you need here.

4.   Beasiswa DIKTI (DGHE Scholarship)

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan membuka pendaftaran beasiswa S2/S3 ke luar negeri. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi dosen tetap PTN, dosen DPK dan dosen tetap yayasan (PTS) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bagi yang berminat melamar beasiswa tersebut, silakan mendaftar secara on-line melalui website: http://beasiswa.dikti.go.id

Berkas-berkas lamaran berupa:

    1. Nomor registrasi on-line;
    2. Bukti kepemilikan NIP/NIK dan NIDN;
    3. Surat izin rektor/pimpinan perguruan tinggi;
    4. Surat izin Kopertis (khusus bagi pelamar dari PTS);
    5. Form-A Dikti;
    6. Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi luar negeri ketika memasuki perguruan tinggi luar negeri;
    7. Progress Report/Academic Transcript Study yang diketahui dosen pembimbing;
    8. Salinan ijazah S1 bagi pelamar jenjang S2 dan ijazah S2 bagi pelamar jenjang S3;
    9. Surat rekomendasi dari dosen pembimbing luar negeri khusus untuk S3;
    10. Publikasi ilmiah di lur negeri khusus untuk S3 (jika ada).

Khusus untuk UK, DIKTI secara khusus telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 70 universitas. Informasi mengenai hal ini dan prosedur aplikasinya dapat di lihat di tautan berikut:
http://www.international.ac.uk/programmes/partnerships/indonesia-uk-dikti-scholarship-programme.aspx

Sumber informasi:
a. http://beasiswa.dikti.go.id/
b. http://beasiswa.dikti.go.id/index.php/scholarship/regStep01

5.   Beasiswa Unggulan (High Achiever Scholarship)

Sesuai Permendiknas nomor 20 tahun 2009 tentang Beasiswa Unggulan, maka beasiswa diberikan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing terpilih. Putra-putri terbaik bangsa Indonesia adalah anggota masyarakat Indonesia yang mempunyai potensi dan prestasi pada bidang ilmu sesuai rumpun keilmuan yang diakui Kemdikbud. Enam Panduan Pelaksanaan Program Beasiswa Unggulan, Tahun 2012.

Putra-putri terbaik yang menjadi sasaran penerima Beasiswa Unggulan, adalah:

a. Peraih medali olimpiade internasional;
b. Juara tingkat nasional, regional, dan internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olah raga;
c. Guru berprestasi dalam berbagai bidang;
d. Pegawai/karyawan yang berprestasi dan mendapatkan persetujuan dan diusulkan oleh atasannya.
e. Perorangan berprestasi yang diusulkan dan disetujui lembaganya.

Mahasiswa asing penerima Beasiswa Unggulan adalah mahasiswa dari warga negara asing yang terpilih menjadi peserta didik pada lembaga perguruan tinggi di Indonesia. Mereka wajib menyelesaikan proses pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan yang dipilihnya. Adapun bidang kajian yang dipilih sesuai keinginan yang akan dipelajari selama di Indonesia.

a. Via BPKLN: http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/
b. Via DIKTI: http://beasiswa.dikti.go.id/bu/

Program Beasiswa Unggulan dilaksanakan sejak tahun 2006 dan sumber dana program ini adalah dari APBN. Oleh karena itu dimulai pada tahun 2008, bagi penerima Beasiswa Unggulan dianjurkan untuk melakukan aktifitas sebagai pertanggungjawaban ke masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan menulis artikel bebas dan tema tulisan juga bebas sesuai yang diinginkan penerima Beasiswa Unggulan, asal dalam tulisan tersebut wajib mengkaitkan Beasiswa Unggulan dari BPKLN Kemdikbud.

Kegiatan ini disebut Intelectual Social Responsibility (ISR). Kegiatan ISR ini juga merupakan bentuk solidaritas penerima Beasiswa Unggulan terhadap komunitasnya, atau dapat dikatakan sebagai salah satu upaya Nation Character Building. ISRdapat meningkatkan kepekaan mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan terhadap masalah sosial atau issue-issue aktual dalam wujud tulisan yang wajib di publikasikan dalam media massa nasional atau lokal.

Informasi mengenai ISR dapat diperoleh di: http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/program/detail/64

Intellectual Social Responsibility (ISR)

Merupakan kegiatan menulis artikel bebas dan tema tulisan juga bebas sesuai yang diinginkan penerima Beasiswa Unggulan, asal dalam tulisan tersebut wajib mengkaitkan Program Beasiswa Unggulan dari Kemdiknas. ISR ini juga merupakan merupakan bentuk solidaritas penerima Beasiswa Unggulan terhadap komunitasnya, para pelamar Beasiswa Unggulan. Sehingga hal ini bisa meningkatkan kepekaan mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan terhadap masalah sosial atau issue-issue aktual dalam wujud tulisan yang wajib dipublikasikan dalam media massa nasional atau lokal.

Selengkapnya mengenai tema kliping ISR dapat dilihat pada:  http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/kliping/

6.   Beasiswa SPIRIT

Beasiswa Scholarship Program for Strengthening the Reforming Institution (SPIRIT) diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan seleksinya diselenggarakan tiap tahun. Beasiswa ini mencakup berbagai program S2 dan S3 baik dalam negeri, linkage maupun luar negeri, juga terdapat beberapa program non-degree.

Bidang studi Program Beasiswa SPIRIT akan diprioritaskan kepada dua kelompok besar, yaitu:

    1. Peningkatan kapasitas instansi dalam mengelola Reformasi Birokrasi di instansi masing­ masing. Bidang studi yang relevan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain: Human Resource Management, Change Management, Management Information System, Performance Evaluation, Strategic Management, Personel Management.
    2. Peningkatan kapasitas instansi dalam merumuskan kebijakan publik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Bidang studi dalam kelompok ini sangat beragam sesuai dengan kebutuhan PA.

Kriteria pelamar, jadwal kegiatan seleksi tiap tahun dan informasi lainnya dapat dilihat di publikasi beasiswa SPIRIT dari website BAPPENAS sebagai berikut:

Prosedur lamaran: Download

7.   Beasiswa Islamic Development Bank (IDB)

Terdapat tiga skema beasiswa yang disediakan IDB (link), namun yang berlaku bagi warga negara Indonesia adalah Beasiswa Merit Scholarship Programme for High Technology (MSP). Beasiswa yang diperuntukkan bagi pelajar di bidang Applied Science and Technology yang berasal dari negara anggota IDB.

Program beasiswa ini meliputi dua program, yaitu (i) program Ph.D. selama 3 tahun (maksimum usia pelamar: 35 tahun) dan (ii) program riset tingkat Post-Doctoral selama 6-12 bulan (maksimum usia pelamar: 40 tahun). Tempat belajar atau riset diharapkan di universitas atau lembaga riset terkemuka dunia.  Sebagai contoh, per Agustus 2012, tercatat 75 orang penerima beasiswa IDB di Inggris termasuk di Universitas Cambridge dan Universitas Oxford, 25 diantaranya berada di Universitas Nottingham.

a. Beasiswa Merit Scholarship Programme for High Technology (MSP)
b. Islamic Development Bank and The University of Nottingham International Scholarship Programme

Informasi lebih lengkap ditambah cerita pengalaman penerima beasiswa ini di University of Nottingham, disampaikan oleh Sdri. Anita Sukmawati sebagai berikut: http://atdikbudlondon.com/indonesian-students/artikel-mhs/beasiswa-idb-dengan-tunjangan-keluarga/

Lengkap nya bisa di baca disini : http://atdikbudlondon.com/indonesian-students/beasiswa/

Teruntuk untuk kakak2 PPI UK terima kasih sudah meluangkan waktu nya untuk berbagi dengan semua teman2 pemburu beasiswa, demi indonesia yang lebih baikūüėÄ

 

PB1

 Intan, Jimmy, Ina, Ian

PB2

beginilah PB haus ilmu tapi juga laper :p

PB3

Jimmy. Ina. Ian

PB4

Bersama mantan ketua PPI UK (Haikal bekti anggoro) #Ina #Maya #Dea #Dinta dan alumni2 lancaster University, UK

PB5

Keep Calm and Visit UK 2015 InsyaAllah aamiin

PB6

Uvi. Ina. Maya

‚ÄúWaktu Tidak Berpihak Pada Siapapun. Tapi Waktu Dapat Menjadi Sahabat Bagi Mereka Yang Memegang Dan Memperlakukannya Dengan Baik.‚ÄĚ (Winston Churchill)