Tembagapura, Mimika

Bismillah..

Melanjutkan postingan sebelumnya perjalanan saya selama di papua ngapain aja, Tembagapura selanjutnya. Kecamatan Tembagapura adalah sebuah distrik setingkat kecamatan yang terletak di Kabupaten Mimika, Papua. Di kecamatan ini terdapat dua gunung di mana terletak dua tambang besar, masing-masing tambang Ertsberg (tambang tembaga) di Gunung Erstberg dan tambang Grasberg di Gunung Grasberg yang merupakan tambang dengan cadangan tembaga terbesar ketiga di dunia dan cadangan emas terbesar di dunia. Kedua tambang ini dioperasikan oleh PT. Freeport Indonesia. Kami bertiga sengaja berangkat dari kuala kencana ke tembagapura pagi-pagi dengan mobil freeport ke bandara mozes kilangin di timika, berharap naik coper menuju ke atas supaya lebih cepat sampai tapi alhasil cuaca tak mendukung, alternatif naik bis antri peluru. Yes! kapan lagi naik bis anti pelurušŸ˜€ Kami berangkat pukul 05.00 WIT waktu papua, menuju ke bandara bersama 2 orang panitia dan putranya salah satu panitia, Ryas namanya. Pukul 09.00 WIT kami baru berangkat, awal dibenak saya bis nya ber AC , ada Tv nya dan menyenangkan dan ternyata sebaliknya. Bis pengap, dan tidak bisa melihat keadaan di sekitar seperti apa, 2 jam perjalanan hanya mantengin HP buka google maps ga konek2 -_- dan paling menyedihkan saya duduk disebelah orang papua. Saya akan menggambarkan seperti apa orang disana, hanya adem panas badan saya selama di bis menanti “Kapan sampai” ga kuat dan ga tahan.

1Jalan sekitaran rumah, bersih tanpa sampah

2Adik2 di papua yg sedang mendengarkan pengajian34568Foto2 yang belum saya upload di Kuala kencanašŸ˜€

Tiba di tembagapura disambut oleh beberapa panitia, yang ternyata masih harus naik2 lagi ke atas sekitar 10 menit menuju tempat tujuan.

11 2123242526272829

Tempat yang membuat betah untuk tinggal tapi juga sport jantung setiap harišŸ˜€

47 46Perumahan Freeport

454441403937Bis anti Peluru

36353120201314