Bismillah…

Begadang..begadang lagi..dan lagi….

Jadi ceritanya tiga hari berturut-turut ini tiap jam dua sampai jam tiga pagi selalu ada sms masuk dengan kata-kata nuansa islami dan membangunkan shalat malam. Awalnya saya baca sms senyum keanehan, karena jurus-jurus seperti itu buat saya tidak mempan hehe dan lagi sms tanpa nama dan permisi siapapun tidak akan saya balas. Dalam arti saya tidak tahu apa maksud sms jam-jam saya hening fokus melakukan hal-hal yang sudah biasa saya lakukan. Saya pikir ini orang iseng mau buang-buang pulsa, atau mau ngecek kalau jam segitu inna pasti belum tidur. Wallahu’alam niat orang siapa yg tahu ya, karena menengok kejadian yang sudah pernah saya temui pernah selalu ada sms masuk ke hp atau inbox via socmed yang tujuan nya satu, ngetes apakah ini orang begadang atau tidak🙂 Lucu memang kalau hanya alasan dia tidur atau tidak, mau nya apa coba. Mungkin mau di tiru atau hanya keisengan belaka😀 Memang, saya tipikal orang yang jarang tidur sesuai standar. Kalau standar durasi tidur yang baik bagi orang dewasa adalah 7-8 jam. Tapi saya lakukan setengah nya bahkan tak sampai, itu karena sudah menjadi kebiasaan dari dulu kala. Jadi jangan heran, anehnya masih banyak yang heran sampai sekarang. Kok bisa? ya bisa. Semua tergantung niat-niat masing-masing orang🙂

Saya bukan suka begadang, tapi lebih enaknya di bilang mengurangi jam tidurnya. Belajar dari orang-orang besar masa lalu mereka menyedikitkan tidur nya untuk belajar mencari ilmu. Itu alasan kuat saya yang bisa konsisten tidur paling lama  3-4 jam an. Mungkin terasa aneh ketika saya bilang ,”konsisten mengurangi jam tidur“. Konon katanya orang yang jarang tidur akan  terkena risiko tekanan darah tinggi, hipertensi, obesitas, diabetes dan kanker. Tapi seberapa besar peran tidur pada kesehatan dan berapa banyak kebutuhan tidur setiap orang, masih merupakan misteri. Malah sebagian orang, terbiasa tidur dengan durasi 4-6 jam saja setiap malamnya. Hal tersebut tidak lantas mengganggu aktivitas, mereka tetap bisa melakukan tugas seperti biasa. Bahkan, sebagian besar orang-orang sukses adalah, mereka yang mempunyai jam tidur pendek namun berkualitas. Siapa saja mereka? Sebut saja Jack Dorsey, pendiri Twitter. Kepopuleran Twitter sebagai situs mikroblogging tidak membuat Jack bisa bersantai. Sama seperti Mayer, Jack hanya menghabiskan 4-6 jam setiap malam untuk beristirahat. Juga Marissa Mayer, CEO Yahoo, Menurut laporan The Guardian, Mayer hanya membutuhkan waktu 4-6 jam setiap malam untuk tidur. Untuk memulihkan kembali staminanya secara penuh, ia biasa mengambil cuti seminggu setiap empat bulan. Ada lagi Bill Gates, pendiri Microsoft, Ketika membangun Microsoft, kabarnya ia hanya tidur 8 jam dalam 1 minggu. Selebihnya tertidur di sofa sebentar, berbaring di atas meja dan sebagainya. Nah kan sangat tertera jelas bukan? itu hanya alasan kecil kenapa saya jarang tidur. Saya lebih suka belajar jam satu ke atas dan setelah shalatt tahajud di banding waktu lain, memang kalau nabi Muhammad SAW mengajarkan tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Saya bisa terpejam tidur awal jam sembilan ketika siang hari bener-bener lelahnya tiada henti, dan itu tidak niat mau tidur tapi rebahan istirahat keblabasan tidur, jadi tidak pakai doa karena niat nya ga tidur😀

Hal lain yang menjadikan nya adalah amanah dan deadline, amanah itu tanggung jawab nya sangatlah besar. Bukan di pertanggungjawabkan di dunia saja tapi juga di akhirat kelak nanti nya. Setiap saya mendapat amanah di tambah tugas yang numpuk akan lebih sedikit lagi jam tidur nya, bagaimana mungkin bisa tidur sedangkan amanah besar yang di dapat belum terselesaikan? setiap melihat makanan terasa pahit karena belum selesai, duh lebih rumit mikirin nasib bangsa ini kali yah😉 Tapi itu lah yang saya rasakan, tak bisa di pungkiri begadang ada yang bilang bisa menjadikan kurus. Tapi fakta di lapangan, begadang akan membuat sebaliknya menjadi gemuk karena mikir kan butuh tenaga jadi harus ada energi yang masuk. Kebiasaan saya dari dulu selalu menulis deadline di tempel di depan pintu kamar, jadi setiap kamar bisa lihat dan bagaimana bisa santai makan dan tidur kalau ada deadline yang masih nyangkut belum terselesaikan dengan baik. Kebiasaan saya ini di dukung sama ibu, dulu waktu SMA setiap mau tes semester atau kenaikan kelas atau apapun yang mengharuskan saya menyedikitkan tidur, ibu adalah orang yang paling setia menemani saya. Kadang di tunggu sampai saya tidur, ibu sambil membuat kerajinan tangan yang sudah jadi pegangan beliau di sela-sela kelonggaran waktu yang tersisa setelah selesai pekerjaan rumah dan lain-lain. Dan semua ini menjadi kebiasaan dimanapun saya berada, baik di negeri antah berantah kalau sudah kebiasaan mau di apakan lagi🙂 ingat selalu ibu yang selalu menemani belajar, bangun lebih pagi menyiapkan sarapan buat anak-anak nya dan tidur lagi malam nanti atau pagi lagi bagaimana saya bisa santai? itu sudah tidak mungkin. Ibu saya tidak pernah mengeluh, tapi kelelahan beliau sangat terlihat ketika beliau tidur. Pernah saya pura-pura tidur karena memang tidak bisa tidur tapi melihat ibu sudah kelelahan mata saya langsung terpejam dengan alasan suapaya ibu segera pergi untuk istirahat. Coba lah siapapun lihat perjuangan orang tua baik ayah atau ibu kita, kelelahan mereka akan tampak saat tidur. Mungkin dulu saya agak melankolis jadi harusnya tidur malah nangis. Kalau di tanya siapa orang paling hebat menurut kamu inna? sudah pasti saya jawab ibu saya. Bahwa sebesar apapun pengorbanan kita tak akan pernah bisa membalas kebaikan ayah dan ibu selama ini. Seberapapun uang yang kita berikan takkan pernah bisa membayar pengorbanan, perjuangan dan kasih sayang mereka.

Jadi, sebenarnya begadang itu boleh tidak? jawaban nya begadang tidak boleh, tapi kalau menyedikitkan tidur itu boleh banget🙂🙂 kalau kata om rhoma irama “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya…” Kalau kata saya mungkin akan ke ubah “Begadang boleh saja, kalau mikirin nasib bangsa😀

bgd

Saran saya yang suka menyedikitkan tidur, perbanyak air putih dan tidur siang hari satu jam di jam satu siang konon bisa membuat otak kita cerdas. Mungkin karena dulu saya dengar ini semenjak kecil jadi langsung tertanam nancep di otak kali ya, jadi apapun kata orang tetap ada alasan kuat saya untuk mengelak. Inti nya bukan begadang tapi mengurangi jam tidur.