…”kamu gila ya naaa…”ngapain kamu mau kesana? liat tuh kamu makin kurus kebanyakan mikir  dan jarang tidur bla bla bla” ungkap salah satu teman saat kami beramai-ramai sekitar delapan orang. Di dalam ruangan yang memang rada sedikit berbeda mereka pada memperhatikan saya yang nggak biasa nya, ya karena waktu itu saya harus bener2 total dengan deadline yang oh rasa nya bilang ” MUNDUR SEBENTAR , Please!” sedangkan teman2 saya ketujuh orang sedang asyik pada ngobrol yg ga jauh2 dari ****a ,, tapi  yah asli hidup tanpa deadline saya ga ada semangat dan gairah rasanya😀 dalam arti harus ada deadline jadi semangat terus! :)) …..”saya memang gila, ya saya gila dengan dengan semua mimpi2 saya dan saya harus  berjuang untuk mewujudkannya jadi terserah ya mau bilang apa :)) mimpi yang ini ga muluk, hanya kalau usaha nya ga bener2 kenceng hasil pun yakin lah mlempem.

2222

Saya Mau Belajar di Kanada! Tulisan ini saya tulis besar di papan depan kamar pintu dan depan meja belajar,, mungkin akan terkesan aneh dan lebay kali ya atau apalah sebutan nya buat saya ga penting dan kenapa saya harus menulis di blog (?) banyak alasan, karena kalau di baca, semoga yang baca juga turut mendoakan🙂 banyak alasan kenapa harus ketar-ketir memilih kanada sebagai tujuan. Bukan berarti kanada adalah satu2nya negara tujuan paling baik untuk melanjutkan studi. Ada banyak negara tujuan yg tentunya berbeda2 antara satu orang dan lainnya, yang bgerantung pada goal masing2 yang juga berbeda. Mungkin ada sebagian yg tertarik ke jerman, belanda, dll karena berbagai alasan.Banyak pake banget!  salah satu nya warga negara Kanada sangat mementingkan pendidikan dan menuntut adanya sekolah-sekolah berkualitas nomor satu. Pengeluaran perkapita Kanada untuk sistem pendidikan lebih besar dibandingkan negara G-8 lainnya dan Kanada adalah juga satu dari 3 negara tertinggi pada Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (Organization of Economic and Development-OECD). Gelar dari universitas Kanada diakui di seluruh dunia dan sebagai hasilnya mahasiswa asing yang lulus dari universitas-universitas Kanada bisa mendapatkan karir-karir sukses dan mapan. Dan satu lagi, karena kanada itu sepi hahaha, saya suka sepi tempatnya karena ide-ide saya akan keluar ketika sepi orang😀 dan kanada adalah pilihan tepat karena sepi dari persatuan pelajar dan di sanapun ga ada PPI karena mungkin keterbatasan pelajar dan lain lain. Ketika saya sharing dengan salah seorang kakak akhwat di manitoba banyak hal yang membuat saya semakin penasaran dan menggebu-gebu untuk semakin kesana. Dan katanya cocok buat berkeluarga juga, Nah hahaha dan yakin calon saya kelak juga bakal ngedukung saya xp (abaikan )

Terus Jerman? Untuk siapapun yg berniat studi di jerman coba baca artikel atau tulisan ini dulu –> http://jermandes.wordpress.com/2013/01/10/beberapa-alasan-mengapa-tidak-melanjutkan-study-di-jerman/ semoga semangat untuk belajar studi di jerman tetap menyala dan ga pundung bagi siapapun yg ingin belajar ke jerman. Saya agak shock ketika melihat di TL  ( baru kemarin 3 hari lalu ) ada salah satu status teman saya yang dulu menempuh S1 di belanda, tiba-tiba update tentang kalau ga salah waktu itu “macet ” jelas saya mention ….”lagi balik tanah air ya M? ..dan dia pun menjawab, sudah lama inn…”aku sdh mengundurkan diri dr sana inna, g kuat, banyak masalah. ini lagi cari2 scholarship lg tp yg bner2 full in package m(._.)m ..Asli saya shock! kenapa saya yang shock yah hehe bukan apa atau kenapa hanya kok tidak menyayangkan untuk menyelesaikan S1 nya dulu sampai selesai baru mengundurkan diri lol …Jadi si M ini bakalan ngulang lagi studi S1 nya,  setahu saya memang dia ga terlalu minat studi kesana, hanya memanfaatkan kesempatan. Studi yang si M ini mau di korea karena K-pop atau apa alasan nya saya pun kurang mengerti. Hanya tahu kalau si M ini ngebet banget ke korea. Ok kembali ke topik…

Alasan kedua kenapa kanada itu pilihan biaya pendidikan di kanada sangat kompetitif.
Belajar di kanada tidaklah gratis, tetapi terjangkau. Biaya rata-rata untuk mahasiswa asing untuk satu tahun ajaran (8 bulan) dalam Program Seni dan Sains adalah C$7100 (US$4765). Tetapi, berbeda-beda dari institusi satu ke yang lainnya.
Saya sempet ubek2 semua beasiswa disana untuk yg mau S1 pun banyak, jadi ke khawatiran pun sedikit dan untuk 2013 ini pun ada, Yeaaah! Menurut artikel2 yang pernah saya baca penduduk Kanada sangat memelihara lingkungan alami mereka. Saat ini terdapat 42 taman nasional dan reservasi taman nasional di Kanada yang berlokasi di tiap provinsi dan teritori. Tiap provinsi dan daerah (teritori) juga memiliki area yang ditunjuk sebagai taman-taman provinsi, area hutan belantara, reservasi alam dan ekologi.  Ada 2000 lebih daerah tujuan di seluruh Canada.

11111Siswa yang datang ke Kanada akan menyaksikan salah satu lingkungan alami yang paling indah di dunia. Kanada juga merupakan negara dengan keragaman geografis, dan terdapat banyak aktivitas luar rumah yang bisa dinikmati: mulai dari pantai yang subur di British Columbia, keagungan Rocky Mountains di Alberta, langit megah di Prairi, sampai ke “daerah gula Mapel” di Great Lakes dan St. Lawrence, serta bukit-bukit yang terjal dan jalur pantai yang indah di provinsi-provinsi Atlantik. (Badan Taman Nasional dan Konsul Taman Provinsi Federal) Kanada terkenal dengan masyarakat yang aman, adil dan damai. Tingkat kejahatan di Kanada terus menurun secara stabil sejak tahun 1990. Pada tahun 1997, laporan polisi tentang tingkat kejahatan di Kanada menurun 5 persen selama tahun keenam secara berturut-turut. Kejahatan dengan kekerasan turun untuk tahun kelima secara berturut-turut pada tahun 1997 dan tingkat pembunuhan di Kanada sekarang terhitung kurang dari satu persen dari seluruh insiden kekerasan yang dilaporkan. Tidak seperti Amerika Serikat, tetangga Kanada di selatan, senjata api di kontrol dengan ketat dan umumnya tidak diperbolehkan di Kanada. Kanada mengalami pertumbuhan pesat dalam industri teknologi tinggi dan mempunyai reputasi internasional dalam berbagai sektor seperti telekomunikasi, transportasi dan teknik; khususnya, penerbangan angkasa, pengangkutan dalam kota, mokro-elektronika, peralatan kedokteran, perangkat lunak (software) canggih, hidro-elektrika dan tenaga nuklir; laser dan opto-elektronika, bioteknologi, pemrosesan makanan dan minuman, geomatika serta industri lautan dan lingkungan alam.

Puncak industri telekomunikasi Kanada termasuk kabel Teleglobe’s CANTAT 3, yang merupakan jenis pertama di dunia dan mendukung transmisi multi media dan lintas samudera berkecepatan dan berkapasitas tinggi. Gabungan perusahaan telepon Stentor Alliance menanam sebanyak 8 milyar dolar untuk menyediakan teknologi gelombang lebar (broadband) mutakhir ke 80 persen rumah tangga Kanada. Kanada adalah juga termasuk satu diantara negara pertama didunia yang melihat kebutuhan untuk menghubungkan sekolah dan perpustakaan dengan internet, dan program SchoolNet telah dicontoh di berbagai belahan dunia. Industri Kanada SchoolNet juga berhasil membuat Kanada menjadi negara pertama di dunia yang menghubungkan sekolah dan perpustakaannya dengan informasi jalan raya. Kanada adalah negara dwi-bahasa dengan dua bahasa resmi, Inggris dan Perancis. Sebagian besar (75 persen) penduduk Kanada yang berbahasa Perancis tinggal di provinsi Quebec, terletak di bagian timur Kanada.

Di dunia internasional, diperkirakan lebih dari 1 milyar orang di dunia berbahasa Inggris dan lebih dari 250 juta berbahasa Perancis. Sebagai bangsa dwi-bahasa ,Kanada menawarkan pelatihan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua (ESL) dan Bahasa Perancis sebagai Bahasa Kedua (FSL) untuk para mahasiswa yang ingin belajar salah satu atau kedua bahasa tersebut. ( sumber : http://www.studycanada.ca/indonesia/whycanada.htm ) untuk Sistem Pendidikan Kanada bisa di lihat di http://www.studycanada.ca/indonesia/education.htm . Itulah beberapa alasan kuat yang jadi pacuan saya untuk belajara ke kanada.

Saat2 ini sedang ketar-ketir buat IELTS, jadi kalau banyak yang merasa chat atau message nya saya cuekin itu saya minta maaf. Ga maksud nyuekin dan semacamnya hanya harus  sedikit mengerti saya :)) Buat teman-teman saya bukan hanya kedelapan tapi siapapun yang saya kenal,, saya yakin, kita semua yang ada di sini saat ini atau dimanapun berada di belahan bumi mana pun, pastilah mengalami kepahitan-kepahitan dengan masa lalunya yang memacu kita, sadar atau tidak sadar, untuk menggapai impian yang lebih tinggi.. dan tiba di posisi saat ini…”. ( meskipun belum bisa di katakan sukses ) minimal sudah bener2 usaha mentok tok tok. Saya , kamu dan semua nya ini sekumpulan orang yang gila dengan impian-impian kita yang ingin kita wujudkan,” ( yang ga mau di bilang gila, maaf2 aja ya🙂 ) Semoga Allah membimbing, meridhoi semua impian ini, yang dengannya Allah memudahkan dan melancarkan untuk bisa kuraih segala cita dan asa. Aamiin….

c

Dunia ini cuma sesaat, Allah memberikan waktu kepada kita sebentar untuk mengumpulkan bekal di hari akhir nanti. Karena waktu yang sangat singkat ini, maka kita harus isi waktu kita dengan sebaik-baiknya dengan banyak hal yang bermanfaat. Berikhtiar, berikhtiar, berikhtiar dan berdo’a. Hanya itulah senjata kita untuk menggapai semua impian.

bermimpilah… berdoalah.. lakukan sesuatu.. dan tunggulah rencana Allah yang indah untuk kita, wallahu alam…

FOKUS, FOKUS dan FOKUS! – inna