Bismillah..

Gambar

Jangan hanya kagum dengan kejeniusan Imam Asy-Syafi’i

Jangan hanya kagum pada kekuatan hafalan Imam Bukhari

Jangan hanya kagum pada kezuhudan Umar bin ‘Abdul ‘Aziz

Jangan hanya kagum pada keshalihan Hasan Al-Bashri

Tapi mari kita renungkan pula..

Sebenarnya apa rahasianya di balik keberhasilan mereka?

Siapakah gerangan di balik mereka?

Di balik pria yang agung, ada wanita agung di belakangnya.

Jika ada lelaki yang menjadi ulama cendikia, tokoh ternama, pahlawan ksatria, maka lihatlah siapakah wanita di baliknya. Salah satu ‘pencetak lelaki sejati’ itu adalah ibu karena ibu memiliki peran besar dalam membentuk watak, karakter, dan pengetahuan seseorang. Perhatikanlah, bagaimana ibu hebat itu mendidik anak-anaknya.

Semenjak awal pertumbuhan, jiwa seorang anak sangat lembek dan lentur. Ia bisa menerima bentuk dan pola tabiat yang bermacam-macam. Tidak hanya itu, kecerdasan otak dan daya khayal yang tinggi (yang mampu merekam setiap apa yang dilihat dan didengar) dengan begitu mudah dimiliki anak-anak. Pembentukan karakter anak tersebut sangat dipengaruhi oleh sosok pribadi pengasuh dan pendidik. Di antara pengasuh dan pendidik itu adalah ibu.

Mengapa ibu?

Karena ibu lah yang memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bersama si kecil. Ketika sang ayah sibuk diluar rumah, ibulah yang dengan penuh kesabaran mendampingi anak mencapai tumbuh kembangnya.

Ibu adalah ustadzah pertama, sebelum si kecil berguru pada ustadz besar manapun. Maka kecerdasan, keuletan, dan perangai sang ibu adalah faktor dominan bagi masa depan anak. Jika seorang ibu memainkan perannya dengan baik, maka kelak -dengan izin Allah- ia dapat memetik buah manisnya dari sang anak berupa ketaatan, birrul walidain, dan kesuksesan.

Ibu, dengan kasih sayangnya yang tulus, merupakan tambatan hati si kecil dalam menapaki masa depannya. Ketika si kecil merasa sedih, susah, takut, tidak percaya pada kemampuan diri, maka ibunyalah yang memberi semangat untuk terus maju dan berjuang. Senyumannya, belaian sentuhan tangannya yang hangat, kata-kata dan nasihatnya mengobarkan semangatnya. Tangannya yang senantiasa menengadah ke atas, disertai doa dan deraian air mata merupakan salah satu kunci kesuksesannya di hari esok.

= = = =

Seorang ibu, tangan kirinya menggendong anak, tangan kanannya.. Mengguncang Dunia..!!🙂

Gambar

*ini cerita ibu dua tahun lalu *