Islam, Renungan, Tips Dan Trik

Keutamaan Bulan Sya’ban dan Malam Nisfu Sya’ban


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh…

Berdasarkan informasi, 15 Sya’ban jatuh pada Kamis tanggal 5 Juli 2012
(Malam Nisfu Sya’ban pada hari Rabu tgl 4 Juli 2012 Malam Kamis sejak terbenamnya matahari)
Apa yang menyebabkan malam Nisfu Sya’ban ini besar artinya bagi umat Muslim ? Berikut ini diceritakan seperti yang di alami Rasulullah Saw:

Kebesaran hari ini diterangkan oleh Rasulullah saw. ” Malaikat Jibril mendatangiku pada malam Nishfu (15) Sya’ban, seraya berkata, ” Hai Muhammad, malam ini pintu-pintu langit dibuka. Bangunlah dan Shalatlah, angkat kepalamu dan tadahkan dua tanganmu kelangit .”

Rasulullah saw bertanya, ” Malam apa ini Jibril ?”

Jibril menjawab. ” Malam ini dibukakan 300 pintu rahmat. Tuhan mengampuni kesalahan orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu, kecuali tukang sihir, tukang nujum, orang bermusuhan, orang yg terus menerus minum khamar (arak atau minuman keras), terus menerus berzina, memakan riba, durhaka kepada ibu bapak, orang yang suka mengadu domba dan orang yang memutuskan silaturahim. Tuhan tidak mengampuni mereka sampai mereka taubat dan meninggalkan kejahatan mereka itu .”

Rasulullah pun keluar rumah, lentas mengerjakan shalat (sendirian) dan menangis dalam sujudnya, seraya berdoa :
.” Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab dan siksa-Mu serta kemurkaan-Mu
Tiada kubatasi pujian-pujian kepada-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu, maka bagi-Mu lah segala pujia-pujian itu hingga Engkau rela .” (HR Abu Hurairah)

Gambar

KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA’BAN

Adapun keutamaan bulan Sya’ban lainnya akan lebih jelas lagi dalam hadis-hadis berikut:

Hadis Pertama

Aisyah RA bercerita bahwa pada suatu malam dia kehilangan Rasulullah SAW, ia keluar mencari dan akhirnya menemukan beliau di pekuburan Baqi’, sedang menengadahkan wajahnya ke langit.  Beliau berkata, “Sesungguhnya Allah Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam Nishfu Sya’ban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi jumlah bulu domba Bani Kalb.” (HR Turmudzi, Ahmad dan Ibnu Majah)

Hadis Kedua

Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ “Sesungguhnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban mengawasi seluruh mahluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan.” (HR Ibnu Majah)

Hadis Ketiga

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam Nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah  turun ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, adakah yang begini (2x), demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.”  (HR Ibnu Majah).

Demikianlah keutamaan dan kelebihan malam Nishfu Sya’ban, marilah kita manfaatkan malam yang mulia ini untuk mendekatkan diri dan memohon sebanyak-banyaknya kepada Allah.

Oleh karena itu sahabatku, malam tersebut sangatlah baik untuk beribadah dan memohon ampunan (bertaubat) atas segala hal buruk yang kita lakukan, dan semoga Allah swt menerima segala amal ibadah dan mengampuni dosa-dosa dan kesalahan kita . . Aamiin .

Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang mengingatkan sesama tentang kedatangan bulan ini. Maka api neraka haram baginya.”

Hukum Perayaan Malam Nisyfu Sya’ban

Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman (yang artinya) :

“Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan nikmat-Ku dan telah Kuridhai Islam sebagai agama bagimu “.
(QS. Al Maidah : 3).

Dan Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassallam pernah pernah bersabda (yang artinya):

“Barang siapa mengada-adakan satu perkara (dalam agama) yang sebelumnya belum pernah ada, maka ia tertolak “. (HR. Bukhari Muslim)

dalam riwayat Muslim (yang artinya):
Gambar
“Barang siapa mengerjakan perbuatan yang tidak kami perintahkan (dalam agama) maka ia tertolak”.

Masih banyak lagi hadits-hadits yang senada dengan hadits ini, yang semuanya menunjukan dengan jelas, bahwasanya Allah telah menyempurnakan agama ini untuk umat-Nya. Dia telah mencukupkan nikmat-Nya bagi mereka. Dia tidak mewafatkan nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wassallam kecuali setelah beliau menyelesaikan tugas penyampaian risalahnya kepada umat dan menjelaskan kepada mereka seluruh syariat Allah, baik melalui ucapan maupun pengamalan.

Beliau menjelaskan segala sesuatu yang akan diada-adakan oleh sekelompok manusia sepeninggalnya dan dinisbahkan kepada ajaran Islam baik berupa ucapan ataupun perbuatan, semuanya bid’ah yang tertolak, meskipun niatnya baik. Para sahabat dan ulama mengetahui hal ini, maka mereka mengingkari perbuatan-perbuatan bid’ah dan memperingatkan kita dari padanya. Hal ini disebutkan oleh mereka yang mengarang tentang pengagungan sunnah dan pengingkaran bid’ah seperti Ibnu Wadhah dan Abi Syamah dan lainnya.

Diantara bid’ah yang biasa dilakukan oleh banyak orang adalah bid’ah mengadakan upacara peringatan malam nisyfu sya’ban dan mengkhususkan hari tersebut dengan puasa tertentu. Padahal tidak ada satupun dalil yang dapat dijadikan sandaran, memang ada beberapa hadits yang menegaskan keutamaan malam tersebut akan tetapi hadits-hadits tersebut dhaif sehingga tidak dapat dijadikan landasan. Adapun hadits-hadits yang menegaskan keutamaan shalat pada hari tersebut adalah maudhu’ (palsu).

A1 Hafidz ibnu Rajab dalam bukunya “Lathaiful Ma’arif ‘ mengatakan bahwa perayaan malam nisfu sya’ban adalah bid’ah dan hadits-¬hadits yang menerangkan keutamaannya adalah lemah.

Imam Abu Bakar At Turthusi berkata dalam bukunya `alhawadits walbida’ : “Diriwayatkan dari wadhoh dari Zaid bin Aslam berkata :”kami belun pernah melihat seorangpun dari sesepuh ahli fiqih kami yang menghadiri perayaan nisyfu sya’ban, tidak mengindahan hadits makhul (dhaif) dan tidak pula memandang adanya keutamaan pada malam tersebut terhadap malam¬-malam lainnya”.

Dikatakan kepada Ibnu Maliikah bahwasanya Ziad Annumari berkata:
“Pahala yang didapat (dari ibadah ) pada malam nisyfu sya’ban menyamai pahala lailatul qadar.
bnu Maliikah menjawab : Seandainya saya mendengar ucapannya sedang ditangan saya ada tongkat, pasti saya pukul dia. Ziad adalah seorang penceramah.

Al Allamah Syaukani menulis dalam bukunya, fawaidul majmuah, sebagai berikut : Hadits : “Wahai Ali barang siapa melakukan shalat pada malam nisyfu sya’ban sebanyak seratus rakaat : ia membaca setiap rakaat Al Fatihah dan Qulhuwallahuahad sebanyak sepuluh kali, pasti Allah memenuhi segala …. dan seterusnya.
Hadits ini adalah maudhu’, pada lafadz-lafadznya menerangkan tentang pahala yang akan diterima oleh pelakunya adalah tidak diragukan kelemahannya bagi orang berakal, sedangkan sanadnya majhul (tidak dikenal). Hadits ini diriwayatkan dari jalan kedua dan ketiga, kesemuanya maudhu ‘ dan perawi¬-perawinya majhul.

Dalam kitab “Al-Mukhtashar” Syaukani melanjutkan : “Hadits yang menerangkan shalat nisfu sya’ban adalah batil” .

Ibnu Hibban meriwayatkan hadits dari Ali : “…Jika datang malam nisfu sya’ban bershalat malamlah dan berpusalah pada siang harinya”. Inipun adalah hadits yang dhaif.

Dalam buku Al-Ala’i diriwayatkan :
“Seratus rakaat dengan tulus ikhlas pada malam nisfu sya’ban adalah pahalanya sepuluh kali lipat”. Hadits riwayat Ad-Dailamy, hadits ini tidak maudhu; tetapi mayoritas perawinya pada jalan yang ketiga majhul dan dho’if.

Imam Syaukani berkata : “Hadits yang menerangkan bahwa dua belas raka’ at dengan tulus ikhlas pahalanya adalah tiga puluh kali lipat, maudhu’. Dan hadits empat belas raka’at ….dst adalah maudhu”.

Para fuqoha’ banyak yang tertipu oleh hadits-¬hadits maudhu’ diatas seperti pengarang Ihya’ Ulumuddin dan sebagian ahli tafsir. Telah diriwayatkan bahwa sholat pada malam itu yakni malam nisfu sya’ban yang telah tersebar ke seluruh pelosok dunia semuanya adalah bathil (tidak benar) dan haditsnya adalah maudhu’.

Al-Hafidh Al-Iraqy berkata : “Hadits yang menerangkan tentang sholat nisfu sya’ban maudhu’ dan pembohongan atas diri Rasulullallah Shalallahu’alaihi Wassallam.
Dalam kitab Al-Majmu’, Imam Nawawi berkata :”Shalat yang sering kita kenal dengan shalat ragha’ib berjumlah dua belas raka’at dikerjakan antara maghrib dan isya’ pada malam jum’at pertama bulan rajab, dan sholat seratus raka’at pada malam nisfu sya’ban, dua sholat ini adalah bid’ah dan mungkar.

Tak boleh seorangpun terpedaya oleh kedua hadits tersebut hanya karena telah disebutkan didalam kitab Qutul Qulub dan Ihya’ Ulumuddin, sebab pada dasarnya hadits-haduts tersebut bathil (tidak boleh diamalkan). Kita tidak boleh cepat mempercayai orang-orang yang menyamarkan hukum bagi kedua hadits yaitu dari kalangan a’immah yang kemudian mengarang lembaran-¬lembaran untuk membolehkan pengamalan kedua hadits tersebut.

Syaikh Imam Abu Muhammad Abdurrahman bin Isma’ il Al-Maqdisy telah mengarang suatu buku yang berharga; beliau menolak (menganggap bathil) kedua hadits diatas.
Dalam penjelasan diatas tadi, seperti ayat-ayat Al-Qur’an dan beberapa hadits serta pendapat para ulama jelaslah bagi pencari kebenaran (haq) bahwa peringatan malam nisfu sya’ ban dengan pengkhususan sholat atau lainnya, dan pengkhususan siang harinya degan puasa itu semua adalah bid’ah dan mungkar tidak ada dasar sandarannya didalam syari’at Islam ini, bahkan hanya merupakan perkara yang diada-adakan dalam Islam setelah masa hidupnya para shahabat. Marilah kita hayati ayat Al-Qur’an dibawah ini (yang artinya):
“Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu dan telah kucukupkan kepadamu nikmat-Ku dan Ku-Ridhoi Islam sebagai agamamu”.

Dan banyak lagi ayat-ayat lain yang semakna dengan ayat diatas. Selanjutnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya):
“Barang siapa mengada-adakan satu perkara (dalam agama) yang sebelumnya belum pernah ada, maka ia tertolak”. (HR. Bukhari Muslim).

Dalam hadits lain beliau bersabda (yang artinya):
“Janganlah kamu sekalian mengkhususkan malam jum ‘at dari pada malam-malam lainnya dengan suatu sholat, dan janganlah kamu sekalian mengkhususkan siang harinya untuk berpuasa dari pada hari-hari lainnya, kecuali jika sebelum hari itu telah berpuasa” (HR. Muslim).

Seandainya pengkhususan suatu malam dengan ibadah tertentu itu dibolehkan oleh Allah, maka bukankah malam jum’at itu lebih baik dari pada malam-malam lainnya, karena hari jum’at adalah hari yang terbaik yang disinari oleh matahari ? Hal ini berdasarkan hadits-hadits Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassallam yang shohih.

Tatkala Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassallam telah melarang untuk mengkhususkan sholat pada malam hari itu ini menunjukkan malam yang lainnya lebih tidak boleh lagi. Kecuali jika ada dalil yang shohih yang mengkhususkannya.

Manakala malam lailatul Qadar dan malam¬-malam bulan puasa itu disyari’atkan supaya sholat dan bersungguh-sungguh dengan ibadah tertentu, Nabi mengingatkan dan menganjurkan kepada ummatnya agar supaya melaksanakan¬nya, beliaupun juga mengerjakannya. Sebagaimana disebutkan didalam hadits yang shohih (yang artinya):
“Barang siapa melakukan sholat pada malam bulan ramadhan dengan penuh rasa iman dan mengharap pahala niscaya Allah akan mengampuni dosanya yang telah lewat. Dan barangsiapa yang melakukan sholat pada malam lailatul Qadar dengan penuh rasa iman niscaya Allah akan mengampuni dosa yang telah lewat” (Muttafaqun ‘alahi).

Jika seandainya malam nisfu sya’ban, malam jum’at pertama pada bulan rajab, serta malam isra’ mi’raj diperintahkan untuk dikhususkan dengan upacara atau ibadah tertentu, pastilah Rasululah Shalallahu’alaihi Wassallam menjelaskan kepada ummatnya atau menjalankannya sendiri. Jika memang hal ini pernah terjadi, niscaya telah disampaikan oleh para shahabat kepada kita, mereka tidak akan menyembunyikannya, karena mereka adalah sebaik-baik manusia clan yang paling banyak memberi nasehat setelah Rasululah Shalallahu’alaihi Wassallam.

Dari pendapat-pendapat ulama tadi anda dapat menyimpulkan bahwa tidak ada ketentuan apapun dari Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassallam ataupun dari para sahabat tentang keutamaan malam malam nisfu sya’ban dan malam jum’at pertama pada bulan Rajab.

Gambar

Dari sini kita tahu bahwa memperingati perayaan kedua malam tersebut adalah bidah yang diada-adakan dalam Islam, begitu pula pengkhususan dengan ibadah tertentu adalah bid’ah mungkar; sama halnya dengan malam 27 Rajab yang banyak diyakini orang sebagai malam Isra dan Mi’raj, begitu juga tidak boleh dirayakan dengan upacara-upacara ritual, berdasarkan dalil-dalil yang disebutkan tadi.

(Diringkas/ disadur dari kitab Tahdzir minul bida’ karya Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Oleh An Nafi’ah dan redaksi).

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh..

Advertisements

7 thoughts on “Keutamaan Bulan Sya’ban dan Malam Nisfu Sya’ban”

  1. Menikmati Indahnya Malam Nisfu Sya’ban Kamis, 05 Juli 2012, Apa Sih Keutamaan dan Manfaat nya?
    Posted by Kang Yudhie on 5 Juli 2012 in 2012, Blogging, Opini, Religi, WordPress, WordPress For Blackberry
    Kesibukan duniawi dan Pekerjaan yang kian hari kian bertambah rumit, kadang membuat kita stress dibuatnya, hingga lupa bahwa sebenarnya hidup ini bukanlah sekedar menjalani rutinitas pekerjaan yang Ϟƍƍαќ ada habisnya.

    Mengasah spiritual adalah hal yg sering kita lupakan. Termasuk malam yg indah ini (*baca : malam nisfu sya’ban)

    Yg dimaksud Malam nisfu sya’ban sendiri adalah, malam tanggal 15 sya’ban (pertengahan / separuh bulan sya’ban) dimana banyak kaum muslim yg pada malam ini melaksanakan sholat malam dan memperbanyak do’a kepada Allah SWT, memohon ampun atas semua dosa dosa terdahulu (*selama setahun kebelakang). Dan membuka lembaran hidup baru ditahun mendatang.

    Terus terang, saya juga sempat melupakan yg namanya malam nisfu sya’ban ini. Untung saja saya berulang ulang di ingatkan teman dan keluarga melalui pesan broadcast via ввm™ (Blackberry Messenger). Sehingga saya jadi ingat kembali kalau malam bulan purnama yang indah ini adalah Malam yang penuh Barokah dan Ampunan Allah. Saya merasa sangat bersyukur karena bisa menikmati malam indah ini.

    Ayat ayat suci al-qur’an terutama sejak selepas sholat maghrib tadi, begitu merdu dilantunkan di masjid masjid dan mushola2 di kampung kampung. (Termasuk di masjid Assyafaah Asrama Polres Gresik).

    Bacaan surat Yasin 3x, disertai 3 permohonan kepada Allah dan doa nisfu sya’ban juga terdengar begitu menggelora.

    .͡▹ 3 do’a pada malam nisfu sya’ban :

    – Mohon Rezeki Yang Halal dan Barokah
    – Mohon Panjang Umur yg manfaat dalam ketaatan
    – Mohon Ketetapan Iman dan Islam.

    Saya juga sempat lupa do’a apa yang seharusnya kita baca pada malam nisfu sya’ban. Karena memang benar benar lupa, untuk memastikan info yg saya terima via ввm™, saya coba bertanya kepada seorang ustadzah dan mencari tau melalui internet tentang kapan *(jatuh pada hari dan tanggal berapa nisfu sya’ban bulan juli 2012 ini).

    Saya juga berusaha mencari tau apa saja doa yg harus dibaca, keutamaan ( manfaat), dalil dan hadist serta hukum puasa pada hari nisfu sya’ban.

    Dari hasil penelusuran via GOOGLE alias Gugling.. Saya menemukan informasi bahwa nisfu sya’ban tahun 2012 ini jatuh pada hari Kamis, tanggal 05 juli 2012. (Sesuai dengan pesan BC di ввm™ saya).

    Pesan Nisfu sya’ban di ввm™ :

    Rasulullah SAW bersabda : ”Malaikat Jibril mendatangiku pada malam Nishfu (14) Sya’ban, seraya berkata, ” Hai Muhammad, malam ini pintu-pintu langit dibuka. Bangunlah dan Shalatlah, angkat kepalamu dan tadahkan dua tanganmu kelangit .”

    Lalu Rasulullah SAW bertanya kepada malaikat, ” Wahai malaikat Jibril, Malam apakah ini?”

    Jibril pun menjawab. ”Malam ini dibukakan 300 pintu rahmat. Tuhan mengampuni kesalahan orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu, kecuali tukang sihir, tukang nujum, orang bermusuhan, orang yg terus menerus minum khamar (arak atau minuman keras), terus menerus berzina, memakan riba, durhaka kepada ibu bapak, orang yang suka mengadu domba dan orang yang memutuskan silaturahim. Tuhan tidak mengampuni mereka sampai mereka taubat dan meninggalkan kejahatan mereka itu .”

    Rasulullah pun keluar rumah, lalu mengerjakan shalat dan menangis dalam sujudnya, seraya berdoa :

    .” Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari adzab dan siksaMu serta kemurkaanMu.

    Tiada kubatasi pujian-pujian kepadaMu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu, maka bagi-Mu lah segala pujia-pujian itu hingga Engkau rela .” (Hadist Riwayat Abu Hurairah RA).

    #KEUTAMAAN (manfaat) MALAM NISFU SYA’BAN#

    Adapun keutamaan dan manfaat yg terdapat dalam bulan Sya’ban lainnya akan lebih jelas lagi dalam hadis-hadis berikut:

    #Hadis Pertama :

    Aisyah RA, bercerita bahwa pada suatu malam beliau kehilangan Rasulullah SAW, ia keluar mencari dan akhirnya menemukan beliau di pekuburan Baqi’, sedang menengadahkan wajahnya ke langit. Beliau berkata ;

    “Sesungguhnya Allah Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam Nisfu Sya’ban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi jumlah bulu domba Bani Kalb.” (HR. Turmudzi, Ahmad dan Ibnu Majah)

    #Hadis Kedua :

    Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ “Sesungguhnya Allah SWT, pada malam Nisfu Sya’ban mengawasi seluruh mahluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah)

    #Hadis Ketiga

    Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam Nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, adakah yang begini (2x), demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah).

    Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang mengingatkan sesama tentang kedatangan bulan ini. Maka api neraka haram baginya.”

    Sumber : Kompasiana

    Judul : Menikmati Indahnya Malam Nisfu Sya’ban Kamis, 05 Juli 2012, Apa Sih Keutamaan dan Manfaat nya?

    Tag : Malam Nisfu Sya’ban

    ☑Nisfu Sya’ban ☑Kamis, 05 Juli 2012 ☑Sholat Malam ☑Puasa ☑Berdo’a ☑Ikhlas ☑Ampunan Dosa ☑Rezeki Barokah ☑Ketetapan Iman dan Islam ☑Panjang Umur dalam Ketaatan.

  2. Klo ibadah di bulan sya,ban itu bathil.brarti orng yg beranggapan sperti itu orang goblok.belajar agama hanya menggunakan akal tpi tdk smpai ke hati nurani.dimalam syaban itu batil klo kita merayakannya minum bir smpai mabuk.

  3. Hadist adalah cerita dari mulut kemulut tentang perkataan dan perbuatan nabi muhammad.dan cerita trsbt tidak terjamin kebenarannya 100 persen.kecuali hadist tersebut sesuai dgn al qur,anul karim.bukankah sdh dijelaskan berulang kali di dlm al qur,an dn hadist klo kta dianjurkan mengingat allah dn beribadah ditengah mlm.knapa bisa dibilang bid,ah ato bathil kl kta beribadah di bulan syaban

  4. Maaf sebelumnya..
    Saya bukanlah orang yg paham agama, tetapi saya pernah mendengar pembahasan tentang bid’ah.
    Jadi dlm menyebutkan suatu bid’ah apakah itu mungkar atau tidak, janganlah sembarangan..
    Bid’ah itu adalah sesuatu yang di adakan tidak pernah d laksanakan oleh baginda Rasulullah SAW. Tetapi bid’ah itu ada 2 (dua macam), yaitu bid’ah dholalah dan bid’ah hasanah.

    Bid’ah dholalah adalah sesuatu yang batil dan mungkar yang d ada2 kan

    Sedangkan bid’ah hasanah adalah sesuatu yang baik, walaupun itu tidak pernah d lakukan oleh baginda Rosulullah SAW. Apakah itu sesuatu yang baik namun tdk pernah d contohkan oleh Rosulullah..?
    1) sholat sunat wudhu..
    Rosulullah pernah bertanya kepada bilal, “wahai bilal amalan apa yg engkau lakukan sehingga seolah2 aku telah mendengar suara terompahmu d surga.?” Kemudiam bilal menjawab “ya rasulullah aku selalu mengamalkan sholat sunat 2 (dua) rakaat setelah wudhu.”
    Pada hal rasulullah sendiri tidak pernah menghususkan sholat sunat setelah wudhu.
    2) jumlah rakaat shalat tarawih.
    Rasulullah mengajarkan sholat terawih 11 rakaat (8 rakaat sholat tarawih d tambih witir 3 rakaat)
    Namun ada salah seorang sahabat yang melakukan sholat tarawih jumlah rakaatnya lbh dr pada itu untuk memperoleh banyak pahala, namun rasulullah tidak pernah mengatakan bahwa hal tersebut adalah bid’ah yang mungkar.
    3) menyusun al quran menjadi satu kitab.
    Di jaman rasulullah alquran d hafalkan, dan bukan d baca seperti skrg. Namun alquran kemudian di bukukan oleh usman bin afan, krn menghawatirkan banyaknya penghafal alquran yg telah wafat. Apakah ini bid’ah yang mungkar menurut anda..?

    4) masih banyak hal lainnya. Saya sekedar sharing janganlah kita mudah mengatakan suatu perkara mungkar atau tidak seblm meminta ket dr banyak sumber.

    Kemudian untuk hadits lemah apakah tidak boleh di pakai..?

    Klo hadits itu palsu, jelas tidak boleh dipakai..

    Tapi klo hadits itu lemah.. Sepakat para ulama “boleh di pakai jika hadits tsb menjelaskan tentang suatu keutamaan..”
    Misal : tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri cina” hadis ini adalah lemah.. Namun boleh kita gunakan karena hanya sebatas menerangkan keutamaan menuntut ilmu..

    HADIS LEMAH tidak boleh kita jadikan acuan jika menyangkut suatu hukum, misal : haram, halal, makruh, sunah, wajib dll..
    Klo untuk suatu hukum, maka yg boleh kita gunakan adalah hadits shahih saja, tidak boleh menggunakan hadits lemah.
    Namun klo hadits tersebut hanya menerangkan suatu keutamaan, gak da larangannya utk menjadikan acuan dan penyemangat.

    Wallahu a’lam bishowab..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s