Assalamu’alaikum wrwb..

Disini saya akan  merangkum informasi mengenai program-program beasiswa dan fellowship yang saya ketahui. Informasi yang ada sangat terbatas namun disetiap program yang masuk dalam lis, dilink ke sumber informasi utama dari program-program tersebut. Pada tahap awal saya hanya akan membuat semacam data-base dan jika sudah cukup banyak akan saya buat klasifikasi yang lebih baik agar memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi yang benar-benar dibutuhkan.

Beasiswa

Beasiswa S1  Dalam Negeri (Santri Berprestasi): Beasiswa diberikan kepada alumni madrasah atau SMU yang bernaung dibawah pesantren.

http://www.alkhoirot.com/2010/05/03/beasiswa-santri-berprestasi-20102011/

Beasiswa S-1 Luar Negeri di NYU Abu Dhabi: Beasiswa untuk alumi SMA.

Beasiswa S-1 di NYU Abu Dhabi

New York University Abu Dhabi kembali membuka beasiswa sarjana (S-1) bagi calon-calon mahasiswa yang tertantang berpikir kreatif, senang memahami isu-isu kompleks, membangun keahlian memimpin dan mengembangkan potensi secara keseluruhan melalui pendekatan lintas disiplin yang memadukan konsep ilmiah dan liberal arts.

Bagi yang tertarik, mungkin ini menjadi kesempatan untuk melakukan study-trip ke lokasi-lokasi regional sekitar Abu Dhabi. Mahasiswa juga akan menjalani dua semester di NYU Global Network Universities di kota New York, Buenos Aires, Shanghai, Accra, London, Tel Aviv, Florence, Berlin, Paris, Praha, dan Madrid.Adapun program beasiswa NYU Abu Dhabi ini diberikan berdasarkan prestasi maupun latar belakang ekonomi untuk membiayai keseluruhan biaya pendidikan S-1 di kampus tersebut. Skema beasiswa ini meliputi biaya akademik, akomodasi, tempat tinggal, makan, serta biaya hidup, buku, biaya perjalanan akademik regional dan internasional, aktivitas ekstra-kurikuler, serta biaya perjalanan pulang pergi antara Abu Dhabi dan negara sebanyak dua kali dalam setahun.

Kandidat akan dipertimbangkan memeroleh beasiswa ini berdasarkan keseluruhan aplikasi mereka, termasuk prestasi akademik, kegiatan ekstra-kurikuler, surat rekomendasi dan minat untuk menjadi warga dunia di bidang pengabdian dan kepemimpinan di tingkat global.

Syarat utamanya, kandidat sudah lulus dari sekolah menengah atas (SMA) pada tahun 2012, peringkat teratas di kelas atau sekolah, aktif berorganisasi di dalam maupun di luar sekolah, serta berprestasi di berbagai kompetisi dan mampu menunjukkan kualitas kepemimpinan dan wawasan berpikir yang luas.

Silahkan lihat persyaratannya disini:

http://nyuad.nyu.edu/admissions/index.html

lalu ikuti mailing list mereka: https://sis.nyu.edu/psc/csprod/EMPLOYEE/HRMS/c/NYU_AD.NYU_AD_PRS_ONLINE.GBL?ADM_RECR_CTR=UGRD&

Beasiswa S1 Dalam Negeri (BCA Finance), bantuan SPP dan biaya hidup. Ditujukan kepada mahasiswa s1 yang sudah menempuh setidaknya dua semester perkuliahan. Informasi selanjutnya lihat disni.(pengalaman 2010)

BCA Finance merilis program “Beasiswa BCA Finance 2010” yang akan diberikan kepada 35 orang mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara finansial. Total beasiswa yang akan diberikan senilai Rp 420.000.000.

Beasiswa akan diberikan sejak mahasiswa dinyatakan sebagai penerima beasiswa hingga maksimal sampai dengan semester 8. Adapun skema beasiswa yang diberikan meliputi SPP maksimum Rp 1.000.000 serta uang saku Rp 1.000.000 per semester.Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, persyaratan yang harus dipenuhi oleh kandidat antara lain sedang menjalani pendidikan S-1 dan minimal telah menyelesaikan semester dua. Kandidat harus memiliki bukti atau transkrip nilai semester terakhir dengan IPK min 3,00.

Syarat lainnya, kandidat diminta melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari institusi yang berwenang dari daerah sesuai KTP. Selain itu, kandidat juga harus melampirkan Surat Rekomendasi dari Pihak Perguruan Tinggi.

Bagi yang tertarik, berkas persyaratan paling lambat dikirim 24 September 2010 dengan cap pos ke alamat: PT BCA Finance/Up; Corporate Planning Wisma BCA Pondok Indah Lt. 8 Jl. Metro Pondok Indah No.10, Jakarta, 12310.

Informasi tentang syarat pendaftaran, formulir, dan lain-lainnya secara langkap mengenai beasiswa ini bisa dilihat langsung di situs BCA Finance. Pemenang beasiswa akan diumumkan pada 22 Oktober2010 melalui situs tersebut.

Beasiswa S1/S2/S3 Luar Negeri (Helenic): Beasiswa untuk jenjang s1, s2 dan s3 yang diberikan oleh pemerintah Yunani.

http://www.hellenicaid.gr/frontoffice/portal.asp?cpage=NODE&cnode=64&clang=1

Beasiswa VLIR-OUS: merupakan beasiswa dari pemerintah Belgia, tepatnya Flander, yang diberikan untuk mahasiswa dari negara-negara berkembang termasuk Indonesia untuk kuliah S2 di Univ-Univ di Belgia.

http://www.scholarships.vliruos.be/

  • Beasiswa S2 Luar Negeri (Erasmus Mundus): Erasmus Mundus Master Europa (EMLE) menawarkan sejumlah beasiswa, termasuk beberapa beasiswa penuh program studi pascasarjana kepada para mahasiswa non-Eropa. Program ini menawarkan kesempatan unik untuk studi interdisipliner hukum dan ekonomi di dua atau bahkan tiga universitas di Eropa dan universitas non-Eropa.
  • Beasiswa s3 pemerintah Slovenia: Pemerintah Slovenia memberikan beasiswa s3 kepada mahasiswa  asing di universitas-universitas Slovenia. Bidang studi dibatasi pada Ilmu alam (matematika, dan ilmu computer), teknik ( teknologi produksi, dan teknik sipil), pertanian (kehutanan, perikanan), kesehatan, layanan transportasi dan ilmu/Teknik lingkungan. Besaran beasiswa meliputi: SPP, maksimum 3000€ per tahun dan biaya hidup€7500 per tahun.
  • Beasiswa MBA Nestle (Khusus Perempuan): Beasiswa ini diberikan khusus kaum perempuan yang ingin mengambil gelar Master Administrasi Bisnis (MBA) melalui International Institute for Management Development Swiss atau kerap dikenal dengan IMD MBA.

Fellowship and Grant

  • Academic Fellowships’ Fund Vewa : In accordance with its objectives VEWA (Association of Educative and Scientific Authors) aims to achieve, and in order to foster closer collaboration with colleagues from developing and/or transition countries and the Flemish academic and scientific community, a FUND FOR ACADEMIC FELLOWSHIPS is established by VEWA.
  • International Foundation for Science (IFS): The IFS Granting Programme is open for project proposals from developing country scientists who meet the eligibility criteria and conduct research on
    the sustainable management of biological resources.  An IFS Research Grant has a maximum value of USD 12,000. It is awarded to an individual researcher, for a specific research project, presented by the
    Applicant in the Application form. The IFS Research Grant is intended for the purchase of the basic tools needed to conduct the proposed research project – equipment, expendable supplies, and literature – and to arrange
    fieldwork activities related to the proposed project. The grant cannot be used to pay for the aspiring Grantee’s own salary or for honoraria, or to cover tuition fees or living expenses. It is expected that the IFS Grantees
    already receive a salary and are employed by or otherwise attached to a developing country research institution.The timeframe of a research project should normally be 1-3 years. After having completed an IFS supported research project, and submitted a project report, Grantees may apply for renewal grants. In total, a researcher is
    eligible to receive three (3) Research grants from IFS. Informasi lebih lanjut ada disni.

    Tips Berburu 8 Beasiswa Luar Negeri   ala kak A.Fuadi

    1. Harus ada niat dan keinginan yang besar dan sangat kuat untuk dapat beasiswa. Karena untuk dapat satu adalah perjuangan yang penuh kompetisi.
    2. Tapi ketahuilah banyak beasiswa tersedia di mana-mana dalam berbagai bentuk, durasi dan penerima. Kadang beasiswa ini kurang publikasi.
    3. Karena kurang publikasi, tugas kita untuk heboh mencari. Dulu saya suka keluyuran ke banyak pameran pendidikan, kantor-kantor untuk nanya-nanya.
    4. Jadi step penting adalah niat kuat sehingga siap heboh mencari info ke mana-mana. Beasiswa itu banyak kok.
    5. Sekarang heboh cari info itu gampang. Search di google. Gabung dengan milis Beasiswa atau Facebook beasiswa. Dulu saya ga ada internet.

    6. Sampe di sini saya mau bilang, beasiswa tidak datang sendiri, tapi harus dicari dengan segenap usaha. Harus Man Jadda Wajada.
    7. Beasiswa yang saya bahas adalah yang ada hubungannya dengan luar negeri. Karena saya gak pernah dapat dari dalam negeri.
    8. Menurut saya dapat beasiswa itu lebih karena faktor sungguh-sungguh. Bukan karena pinter. Bannyak yang pinter ga dapat.
    9. Biasanya kalau sudah sungguh-sungguh cari info, dalam 6-8 bulan kita sudah dapat calon-calon beasiswa yang bisa kita lamar.
    10. Sumber beasiswa yang bonafid itu antara lain Fulbright ke US, Chevening ke UK, Manbusho ke Jepang dan ADS ke Australia. Selain itu banyak yang lain.
    11. Setiap beasiswa punya syarat beda-beda. Tapi stepnya hampir sama: kirim aplikasi, seleksi tulis, dan wawancara. Kalau lolos, terbang deh:)
    12. Ok, anggap sekarang sudah dapat info lengkap. Langkah pertama adalah mengisi aplikasi dan melengkapi surat-surat yang dibutuhkan.
    13. Ingat 1 beasiswa itu diperebutkan banyak orang. Seperti Fulbright, 1 kursi diperebutkan sampe ribuan orang.
    14. Seleksi awal via aplikasi. Karena kompetisi ketat, tulis aplikasi dengan sebaik mungkin. Ribuan aplikasi dan hanya yang istimewa yang get noticed.
    15. Saya perlu sampe berminggu-minggu hanya untuk ngisi 2 halaman aplikasi. Pastikan samauanya error free dan kuat. Ini satu-satunya kesempatan kita to impress.
    16. Syarat umur, IPK, nilai Toefl dll beda-beda setiap beasiswa, jadi silakan cek ke pemberi beasiswa masing-masing.
    17. Kalau aplikasi beasiswa sudah dikirim, sila mulai cari sekolah & surat-suratan sama universitas. Jadi ada 2 aplikasi: beasiswa dan aplikasi ke sekolah.
    18. Kalau aplikasi layak, akan dipanggil untuk tes tulis n wawancara. Kalo Chevening ada tes tulis dan bahas, kalo Fulbright langsung ke wawancara.
    19. Tes tulis Chevening sistem gugur. Yang gak lulus tes 1 gak bisa ikut tes ke 2. Yang lulus akan dipanggil untuk wawancara.
    20. Sebelum wawancara, berlatih jawab pertanyaan-pertanyaan, baca dan denger segala sesuatu dalam b. inggris beberapa hari sebelum wawancara akan bantu. Tidur cukup dan relax.
    21. Begitu dipanggil masuk ruang wawancara, relax. Anggap pewawancara itu teman yang mau denger cerita kita. Be honest. Show your passion.
    22. Jadi ada 2 kesempatan jual diri. Dalam aplikasi dan di saat wawancara. Di 2 kesempatan itu; jujur, semangat, pede, dan ceritakan semua kelebihan kita.
    23. Tiap beasiswa beda, tapi umumnya mencover tuition, biaya hidup, tiket PP, biaya tes Toefl dan kursus bahasa. Suami/istri tidak selalu di-cover.
    24. Ada besiswa yang baik yang sampai men-cover beli laptop, biaya riset tesis, suami/istri. Sila cek setiap dengan pemberi beasiswa untuk detil.
    25. Ok, udah dapat beasiswa lalu gimana? Harus ada sekolah yang sudah nerima kita, baru bisa berangkat. Kalo belum ada, ya terpaksa nunggu dulu.
    26. Udah dapat beasiswa dan dapat sekolah, tapi beasiswa tidak cukup bayar SPP gimana? Harus cari beasiswa tambahan atau uang sendiri.
    27. Kalau sudah dapat beasiswa dari yang bonafid, mencari tambahan lebih mudah. bisa ke korporat, yayasan, dan bahkan ke kampus yang akan terima kita.
    28. Kampus US & UK punya bwragam beasiswa tambahan. Ada yang khusus untuk perempuan, untuk orang asia, untuk orang cacat, untuk negara ketiga dll.
    29. Cari satu beasiswa utama dulu, kalo gak cukup, banyak kesempatan dapat beasiswa tambahan. Cek Ford Foundation salah satu yang bisa kasih.
    30. Umumnya kesempatan beasiswa itu buat yang sudah punya pengalaman kerja. PNS, perempuan, wartawan, NGO, dari Indonesia Timur peluang bisa lebih besar.
    31. Beasiswa yang saya bicarakan beragam: ada yang pendek 3-9 bulan, biasanya fellowship/exchange program, ada yang untuk S1, ada S2, dan ada S3.
    32. Bagusnya beasiswa besar, ada kontrak bhw penerima balik lg ke Indonesia beberapa tahun, biar gak brain drain.
    33. Ada beasiswa dari korporat yang malah mewajibkan penerimanya kerja di perusahaannya, seperti di Singapore. Di US setamat kuliah boleh kerja 18 bulan.
    34. Nah bagi yang belum tamat kuliah gimana? Ada kok kesempatan dapat beasiswa singkat. Saya dapat 2 beasiswa singkat sebelum lulus S1.
    35. Semester 6 saya dapat exchange program ke kanada & semester 9 saya dapat fellowship ke NUS Singapore. Durasinya 6-9 bulan. Jadi jangan nunggu lulus!
    36. Buat karyawan banyk shortcourse untuk profesional. Saya pernah dapat fellowship di Uni Maryland. Sekelas sama pemenang pulitzer. Jadi kapan saja bisa.
    37. Jadi definis beasiswa yang saya bahas adalah segala kegiatan belajar kita di luar negeri yang dibayarin orang lain. Gratis. Tidak harus untuk dapat gelar.
    38. Ada beasiswa yang hanya buat orang yang belum pernah sekolah di LN. Tapi ada juga yang MALAH percaya dan ngasih ke orang yang pernah dapat beasiswa juga.
    39. Untuk info terbaru berbagai beasiswa harus rajin nyari-nyari, tapi bisa juga join di FB, ada akun beasiswa, juga di grup “beasiswa” di yahoogroups.
    40. Bagi yang masih kuliah, usahakan IPKnya lumayan bagus, karena ada beasiswa S2 dan S3 yang mematok IPK minimal. sekitar 3.00 cukup aman.
    41. Jadi dapat beasiswa itu kombinasi niat kuat+usaha di atas rata-rata untuk nyari+riset dan persiapan+honest+passionate+jangan lupa DOA dan IKHLAS.
    42. Buat aktifis kampus, Dikti punya program exchange ke Cina, Aussi dan Belanda. Sila kontak rektorat ato Dikti.
    43. Buat karyawan perusahaan besar, lihat website company, kadang-kadang ada program fellowship untuk pindah ke kantor di LN beberapa bulan.
    44. Saya pernah jadi pewawancara. Kami suka yang jujur, artikulatif dan punya tekad besar. Tidak suka sama yang sombong, malas-malasan, dan lebai.
    45. Supaya ga grogi waktu wawancara, Jangan terburu-buru, pikir dulu baru jawab. Sebaiknya ada eye contact dengan pewawancara. Show ur spirit!
    46. Sebagai pewawancara yang kami cari adalah orang yang bertekad besar untuk menggunakan beasiswa sebaik-baiknya dan apa dia punya mampu untuk itu.
    47. Sebagai pewawancara yang kami cari adalah apa orang ini bisa membawa manfaat buat hubungan kedua negara dalam arti luas.
    48. Sebagai pewawancara yang kami suka orang yang telah riset dan do their homework tentang beasiswa, bidang studi dan negara yang dituju.
    49. Saya suka bawa kliping tulisan atau karya lain saya ke ruang wawancara. Perlihatkan ke pewawancara. Seeing is believing.
    50. Waktu wawancara terbatas, ceritakan semua strenght kita, pilih kata-kata lugas dan to the point. Tapi jangan menyombong. Rehearse di rumah.
    51. Ketika pewawancara rapat, every little effort peserta dipertimbangkan. Jadi usahalah di atas rata2, Go the extra miles, jangan lupa DOA.
    52. Skill Inggris diukur dengan Toefl atau Ielts. Skornya tergantung pemberi beasiswa, universitas dan studi. Toefl berkisar 550 sd 600.
    53. Enaknya dapat Chevening, ADS dan beberapa yang lain, penerima dapat free kursus Inggris sebelm kuliah. Kualitasnya bagus dan jadi banyak teman.
    54. Penerma beasiswa bonafid dihargai di kampus dan tempat kerja. Universitas dapat kredit kalau nerima Fulbright atau Chevening recipients.
    55. Gagal 1-2 kali jangan berhenti. Anggap aja latihan. Persaingan ketat. Coba lagi. Worth it kok ngulang berkali-kali. Man sabara zafira.
    56. Seperti hal lain saya percaya dapat beasiswa adalah kombinasi niat kuat+usaha di atas rata2+doa+ikhlas. Everything is possible.

    Jadilah Diri Anda Orang Yang Kehadirannya Diharapkan, Suaranya Didengar, Kebaikannya Ditiru Dan Gagasannya Dilanjutkan

    Jika kita lebih banyak tidur daripada bekerja, maka sungguh kita telah menemui kematian sebelum datang ajalnya.

    Para sahabat dan tabi’in membagi malamnya menjadi 3 bagian, yang pertama waktu untuk shalat, kedua untuk belajar dan ketiga untuk tidur (Abu Huraira) ada juga yang membagi menjadi menulis ilmu, shalat dan tidur (Imam Syafi’i).

    Ada 2 nikmat, dimana banyak orang yang tertipu dengan keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.

    Peran utama bagi mahasiswa ada 4, yaitu menjaga moral, memperdalam akademis, belajar tentang sosial kemasyarakatan dan memahi dan ikut serta dalan politik.

    Pemenang sejati bukanlah orang yang menang dalam perlombaan akan tetapi setiap orang yang bisa bangkit setelah mengalami setiap kegagalan.

    Semoga bermanfaat🙂

    Wassalamu’alaikum wrwb..

    Best Regards

    inna