Assalamu’alaikum wrwb

Setelah lama tidak menulis akibat berbagai kesibukan duniawi hehehe.. lagi iseng2 browsing, terus ketemu tulisan yang mungkin s udah cukup terkenal, banyak di milis2, mungkin ada yang udah sering baca juga, tapi gag ada salahnya saya posting lagi disini, InsyaAllah  bermanfaat bagi yang belum baca menjadi tau dan yang sudah membaca menjadi diingatkan kembali. Well, semakin hari saya semakin menyadari bahwa esensinya kita hidup di dunia ini adalah untuk berdakwah.. Itulah peran kita sebagai khalifah di muka bumi ini. InsyaAllah, seperti kata Aa Gym, dimulai dari hal yang kecil, dari diri sendiri, dan dari sekarang, marilah kita bersama sama menyampaikan kebenaran ayat-ayat Allah walaupun hanya satu ayat.

Silahkan membaca..

Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya lalu beliau bertanya :

Imam Ghazali = ” Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini ?
Murid 1 = ” Orang tua “
Murid 2 = ” Guru “
Murid 3 = ” Teman “
Murid 4 = ” Kaum kerabat “
Imam Ghazali = ” Semua jawapan itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita ialah KEMATIAN. Sebab itu janji Allah bahawa setiap yang bernyawa pasti akan mati ( Surat Ali-Imran :185).

Imam Ghazali = ” Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini ?”
Murid 1 = ” Negeri Cina “
Murid 2 = ” Bulan “
Murid 3 = ” Matahari “
Murid 4 = ” Bintang-bintang “
Iman Ghazali = ” Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kenderaan kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke masa yang lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama”.

Iman Ghazali = ” Apa yang paling besar didunia ini ?”
Murid 1 = ” Gunung “
Murid 2 = ” Matahari “
Murid 3 = ” Bumi “
Imam Ghazali = ” Semua jawaban itu benar, tapi yang besar sekali adalah HAWA NAFSU (Surat Al A’raf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita membawa ke neraka.”

Imam Ghazali = ” Apa yang paling berat didunia? “
Murid 1 = ” Baja “
Murid 2 = ” Besi “
Murid 3 = ” Gajah “
Imam Ghazali = ” Semua itu benar, tapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surat Al-Azab : 72 ). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka menjadi khalifah pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya berebut-rebut menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka kerana gagal memegang amanah.”

Imam Ghazali = ” Apa yang paling ringan di dunia ini ?”
Murid 1 = ” Kapas”
Murid 2 = ” Angin “
Murid 3 = ” Debu “
Murid 4 = ” Daun-daun”
Imam Ghazali = ” Semua jawaban kamu itu benar, tapi yang paling ringan sekali didunia ini adalah MENINGGALKAN SOLAT. Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan solat “

Imam Ghazali = ” Apa yang paling tajam sekali di dunia ini? “
Murid- Murid dengan serentak menjawab = ” Pedang “
Imam Ghazali = ” Itu benar, tapi yang paling tajam sekali didunia ini adalah LIDAH MANUSIA. Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri “

dan akhirnya sebagai penutup..

“Demi masa (waktu), sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Yang singkat itu Waktu.Yang menipu itu Dunia.Yang dekat itu kematian.Yang besar itu Hawa nafsu.Yang berat itu amanah.Yang sulit itu Ikhlas.Yang mudah itu berbuat dosa.Yang susah itu sabar.Yang sering lupa itu Bersyukur.Yang membakar amal itu Mengumpat.Yang mendorong ke neraka itu lidah.Yang berharga itu iman.Yang mententeramkan hati itu teman sejati.Yang ditunggu Allah SWT itu taubat.
(Imam Al Ghozali)

 

Wallahu alam bishshawwab..