Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh.

Bismillahirrohmanirrohim..

Guten Morgen sobat-sobat semua dimana pun berada.Semoga dalam keadaan sehat walafiat selalu dalam lindungan Allah SWT.Aamiin

Sungguh beruntung bagi siapapun yg dikaruniai Allah kepekaan utk mengamalkan aneka pernik peluang kebaikan yg diperlihatkan Allah kepadanya. Beruntung pula orang yg dititipi Allah aneka potensi kelebihan oleh-Nya dan dikaruniakan pula kesanggupan memanfaatkan utk sebanyak-banyak umat manusia.

Karena ternyata derajat kemuliaan seseorang dapat dilihat dari sejauhmana diri punya nilai manfaat bagi orang lain. Rasulullah SAW dalam hal ini bersabda “Sebaik-baik manusia diantaramu adl yg paling banyak manfaat bagi orang lain” {H.R. Bukhari}.

Di hari minggu pagi yang cerah ini saya mau sedikit coret-coret tulisan tentang apalagi kalau bukan BEASISWA :D

Yaa, beasiswa!Silahkan di simak dan di baca, kalau perlu apply untuk beasiswa nya yang berminat studi lanjut ke norwey^^Ini hasil pengalaman kakak yang dapat beasiswa disana(bukan saya) Yaa semoga kalau ada kesempatan di mudahkan untuk ber silaturahmi kesana suatu saat nanti,aamiin :)

Oke, Langsung yuk ke topik^^

Sebelum membahas ke lebih dalam simak tulisan dan cerita dari kak Eko yang dapat beasiswa di NTNU (Norges Teknisk-Naturvitenskapelige Universitet) jurusanChemical Engineering dengan beasiswa Quota Program.

Singkat cerita, saya bisa nyampe dengan selamat di sini, adalah semata-mata atas prakarsa dan prakarya Tuhan Yang Maha Agung yang dilewatkan Nya melalui pemerintah Norway. Saya sekolah di NTNU (Norges Teknisk-Naturvitenskapelige Universitet) jurusanChemical Engineering dengan beasiswa Quota Program. Beasiswa ini notabene adalah bantuan pendidikan dari pemerintah Norway untuk mahasiswa dari negara berkembang (mahasiswa kere tak berduit yang ngotot pengen sekolah gratisan-red) seperti saya. Bentuk bantuannya cukup unik, mencakup biaya hidup dan biaya kuliah (full scholarship) dengan perbandingan 60% loan dan sisanya berupa grant. Artinya, saya harus kembali ke Indonesia setelah tamat belajar, kalau mau pinjamannya digratiskan secara penuh. Kalau saya ndak mau pulang, saya harus kembalikan 60% itu. Tapi, selidik punya selidik, bisa dicicil selama 20 tahun lho! Wuih..sedeng saya udah nikah dong..biar dibayar suami aja nanti..hihi..(ide gila tanpa dosa).

Sebelum saya apply beasiswa ini, saya udah pernah nyoba beberapa beasiswa lain, juga dari negara Eropa. Menurut pengalaman saya, Quota Program ini relatif lebih simpel dan nggak ribet. Seleksinya cuma dua tahap, pertama seleksi online dan kedua, seleksi dokumentasi. Udah, itu aja..ga pake interview.

Seleksi online, dilakukan lewat link berikut ini http://www.ntnu.no/international/master. Kalau ndak salah, aplikasi online untuk semester Autumn 2009 akan dibuka mulai 1 Oktober 2008. Seperti apa seleksinya? Gampang..tinggal isi biodata, jurusan yang diminati, skema funding yang Anda inginkan (mau self financed atau beasiswa) dan motivasi kenapa pengen sekolah di Norway. Kalau dapet ijin Tuhan untuk lolos, akan ada email dari International Office yang menyatakan bahwa Anda berhak lanjut ke putaran berikutnya (terakhir-red). Di seleksi kedua ini, Anda diwajibkan mengirimkan dokumen2 sebagai berikut ke International Office NTNU:

  • sertifikat TOEFL/IELTS: kalau ndak salah untuk MSc, minimal 500 (paper based), 61 (internet based), dan 6.0 untuk IELTS. Saya kemaren berhubung punyainternational IBT, jadi ya pake itu. Tapi denger2, insitutional TOEFL diterima juga
  • surat rekomendasi : dari dosen. Tidak ada format khusus yg diminta oleh pihak universitas. Jadi, rayulah dosen Anda agar merekomendasikan Anda dengan maksimal :D Bagi Anda yang sudah punya pengalaman kerja, jangan lupa cantumkan surat keterangan kerja dari perusahaan
  • fotokopi paspor
  • pas foto: 4×6, background harus putih
  • certified copy of: akte lahir; ijazah dan STTB pendidikan setingkat SMA; ijazah, dan transkrip pendidikan S-1. Kalau dokumen2 ini belum berbahasa Inggris, Anda wajib pula menyertakan terjemahannya (terjemahan resmi tentunya, jangan di-terjemahin sendiri..hehe)

Yang membuat simpel, kita hanya mengirimkan satu set dokumen untuk apply universitas sekaligus beasiswa (prosesnya berjalan paralel). Semua dokumen2 itu lalu Anda kirim ke Norway, bisa pake DHL, FedEx atau PT Pos. Kalo mau murah, ya jangan pake DHL dan FedEx (sekilo nyaris 600rb)..hehe. Sesudah itu, Anda tinggal duduk manis dan berdoa menunggu pengumuman (sekitar akhir April-awal Mei) :D

Begitulah cerita singkat saya..semoga berguna..Ayo2, buat yg udah lulus tapi belom dapet kerja, daftarlah kesini..Buat yang sudah kerja, tapi frustasi karena gaji ga naek2 (menunjuk diri sendiri), ambillah unpaid leave dan bergabunglah dgn saya di sini :D..Oya, satu lagi, peluang bagi cewek untuk ketrima lebih besar dari cowok lho..(disampaikan oleh penulis tanpa mendiskreditkan para pria :D tapi emang iya kok, cewek lebih diprioritaskan).  Hehehe….Omong2 ttg peluang kerja di Norway, saya denger bagus juga. Negara ini kekurangan tenaga kerja, terutama engineer.  Semoga saya nanti kecantol satu.. :D So, tunggu apa lagi.. :D

Selamat mencoba…(Eko)

Saya akan sedikit memberi tambahan informasi yang di dapat dari sumber yang Valid,Om Google tentang

Biaya Hidup di Norwegia

Biaya Makan

Biaya makan di Oslo termasuk mahal, khususnya kalau makan di luar. Contohnya saja seperti burger, harga satu burger berkisar antara 50-75 nok. Harga aqua satu botol sekitar 22 nok. Tapi kalau kita masak sendiri terhitung menghemat pengeluaran, dan yang menyenangkan segala makanan mentah, sayuran di oslo tersedia sampai pada bunga pohon pisangpun ada dan harganya cuma 11 nok. Harga beras perkilo sekitar 25 nok perkilo dengan kualitas yang sangat bagus. Banyak makanan mentah halal yang tersedia di pasaran. Saran saya masak sendiri, kalau kuliah selesai sore atau malam bawa sesuatu dari rumah, lebih murah. Dan yang paling penting kalau kita belanja barang kebutuhan sehari-hari untuk masak perminggunya kita mengeluarkan sekitar 150-200 nok itu sudah termasuk ayam atau daging. Kalau di oslo jangan lupa banyak-banyak membeli anggur, apel dan buah-buahan lainnya karena di sini sangat murah meriah, bisa dibilang 3 kg anggur merah dan hitam yang kualitasnya bagus sama dengan satu kilo gram beras. Sangat cocok untuk yang diet. Kalau ditanya makan diluar habis berapa? Banyak, sekali kita makan diluar minimal kita keluar uang 100-150 nok.

Biaya Akomodasi

Tipe akomodasi, saran saya pilih akomodasi atau asrama yang disediakan kampus, karena berdasarkan pengalaman itu yang paling murah sekitar 2600 sampai 3000 nok, sudah termasuk hitter, kamar mandi dalam, common kitchen, living room lengkap dengan furniturenya. Dapurnya sangat lengkap, tetapi piring, gelas, sendok, panci dll kita membeli sendiri dan saran saya beli di Ikea (murah dan kualitas sangat bagus). Selain itu terdapat bus gratis yang setiap satu jam menuju ke ikea. Kalau cari akomodasi sendiri harganya termasuk sangat tinggi, sewa apartemen minimal sekitar 7500/8000 nok perbulan belum termasuk furniture.

Biaya Transportasi

Biaya public transportation, untuk student di bawah 30 tahun sekitar 330 nok perbulan. Tapi sejak 1 februari 2010 naik, kalau tidak salah menjadi 360nok. Untuk yang di atas 30 tahun sekitar 550 dan setelah 1 februari menjadi 570 nok. Selain itu bisa juga beli harga satuan, 8 buah ticket, mingguan bisa dilihat di website trafikanten detailnya di web https://nettbutikk.trafikanten.no/kategori_fleksibeltmanedskort_os.aspx

Biaya Lain-lain

Beli pakaian di oslo mahalnya minta ampun tapi kualitasnya nomer satu. Jalan-jalan saran saya ikut tour yang diadakan kampus semua gratis. Komunikasi telepon memakai kartu sim card Chess atau Lebara, sesama Chess atau sesama Lebara telepon gratis (saat itu) .

Informasi Tambahan

Terdapat KBRI di Oslo, mereka sangat membantu dan banyak kegiatan menarik yang mereka adakan. Saran saya lapor diri secepat mungkin untuk bisa bergabung dengan mereka. Komunitas Indonesia di Oslo wah bisa dibilang menyenangkan, banyak sekali orang Indonesia yang kerja dan tinggal di sana. Tiap minggu kita bisa ketemuan dan gosip-gosip bersama. Sangat menyenangkan menghabiskan hari bersama mereka di Oslo.. ^_^heheh

Untuk

Tips Beasiswa Norwegia

bisa di buka di http://klem-ami.blogs.friendster.com/mye/2008/07/share_pengalama.html

Beasiswa di Norwegia

Studi Di antara Fjords

Hanya menyebutkan Norwegia membawa gambar dari Viking dan fjord ke pikiran. Mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam studi di Norwegia dapat melakukannya dalam rangka program terfokus atau lebih antar-disiplin program. Sedikit pengetahuan dari bahasa Norwegia akan pergi jauh. Tinggalkan sedikit waktu luang untuk bermain ski, mendaki atau ford fjord.

Pemerintah Beasiswa

The Benjamin A. Gilman Beasiswa Internasional memberikan siswa yang kurang beruntung dengan sekali dalam seumur hidup kesempatan untuk berpartisipasi dalam studi internasional.Pelamar yang memenuhi syarat harus menerima Hibah Pell dan mampu menunjukkan kebutuhan keuangan yang signifikan atas dan di luar itu. Tujuan dari Gilman Beasiswa adalah untuk diversifikasi kepemimpinan global di masa depan dengan meningkatkan jumlah siswa minoritas dan sosial kurang beruntung. Untuk alasan ini yang paling dicari setelah Gilman Para sarjana minoritas, mereka yang menghadiri perguruan tinggi dan dua tahun lembaga dan cacat. Siswa harus memiliki catatan akademik sempurna dan beasiswa sangat kompetitif. Penghargaan yang sampai $ 5.000.

College Beasiswa

Program Michigan State University dalam Perspektif Manajemen Skandinavia di Norwegian School of Management secara unik dirancang untuk mampu siswa di College of Business Eli Broad pandangan mata burung dari sistem manajemen Norwegia di bidang manajemen perhotelan. MSU adalah salah satu program studi yang paling aktif internasional di negara tersebut dan Kantor Studi di Mancanegara mensponsori sejumlah beasiswa termasuk:

  • MSU Credit Union Beasiswa adalah beberapa yang paling mudah menang dan sangat murah hati. Calon harus memenuhi syarat pada kedua kemampuan akademis dan kebutuhan keuangan.
  • Kellogg Yayasan Beasiswa diberikan kepada siswa pada program melalui Sekolah Eli Broad of Business.

Dana Pribadi

The Yayasan Amerika-Skandinavia menyediakan beasiswa pascasarjana untuk mahasiswa AS yang ingin melakukan studi di Norwegia. Pelamar harus memiliki catatan akademik sempurna dan memiliki program jelas digambarkan dari studi dengan kebutuhan terlampir untuk perjalanan fisik ke negara itu. Calon dapat menerima dana yang mencakup perjalanan dan biaya ekstra, ditambah semua biaya yang berkaitan dengan pendidikan.Preferensi diberikan kepada siswa yang mahir dalam bahasa Norwegia.

Beasiswa Fulbright adalah yang paling bergengsi di dunia. Program ini adalah upaya yang paling tampak dikembangkan di AS untuk mempromosikan pertukaran pendidikan. Misi di balik program penting adalah untuk membangun sebuah lingkaran internasional lebih kooperatif atas dasar cita-cita kemanusiaan dan pendidikan. Mahasiswa sarjana dan pasca-sarjana dengan rencana baik mengasah studi di Norwegia dapat mengajukan permohonan Fulbright. Penghargaan adalah ultra-kompetitif, tapi juga bernilai jika info anda semua di tempat.

The Sons Norwegia Yayasan mensponsori Raja Olav V Norwegia-Amerika Dana Heritage.Mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari budaya dan sejarah Norwegia di Norwegia atau sebaliknya dapat mengajukan permohonan beasiswa. Pelamar yang memenuhi syarat harus memiliki standar akademik yang unggul dalam kombinasi dengan kebutuhan keuangan. Penghargaan mungkin sampai $ 1.500.

Rotary International menawarkan beasiswa kepada mahasiswa yang ingin belajar di luar negeri dalam berbagai non-tradisional negara termasuk Norwegia. Pelamar yang memenuhi syarat harus mengambil sebuah program yang dibangun pada tema kemanusiaan dan penerima akan diharapkan untuk membuat presentasi profesional untuk khalayak Rotary setelah program selesai. Pelamar juga harus memiliki catatan akademik yang sangat baik dan kebutuhan keuangan.

Beasiswa untuk Norwegia

Pada saat yang sama Yayasan Amerika-Skandinavia menyediakan beasiswa dermawan untuk siswa AS untuk belajar di Norwegia, organisasi menawarkan lebih banyak uang bagi para sarjana Norwegia untuk datang dan belajar di Preferensi AS terbukti lulus atau mahasiswa pasca sarjana yang penelitiannya menuntut perjalanan ke AS

Para Norwegia-Amerika Asosiasi menyediakan ratusan ribu dolar kepada siswa, terutama Norwegia, untuk studi di norwey di AS Pelamar harus berbakat akademis untuk bersaing untuk penghargaan ini.

Mungkin itu dulu yang bisa saya share disini, insyaAllah jika ada refernsi atau cerita lain akan saya tambah lain waktu.

Semoga bermanfaat dan salam sukses buat semua sobat-sobat pemburu beasiswa!! :)

 

Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh.

 

About these ads